Minggu, 28 Maret 2010

Hot Stone Massage

Volcano Basalt Stone
Walau pun berkarakter keras, batu ternyata berguna sebagai mediator yang membantu tubuh melepaskan segala kepenatan sehari-hari. Bahkan di dalam body treatment, pemakaian batu tak hanya menghasilkan relaksasi tapi juga bisa menghadirkan keseimbangan spiritual.

Permainan temperatur dalam dunia perawatan spa memang telah lama dikembangkan. Cara ini akan merangsang peredaran darah menjadi lebih lancar dan menyebar lebih merata hingga kepermukaan kulit. Salah satu perawatan tubuh yang memainkan peranan temperatur adalah stone treatment. Atau yang juga dikenal dengan variasi nama seperti stone therapy atau stone massage.

Stone treatment sebenarnya bukan suatu penemuan baru dalam

perawatan tubuh. Sebaliknya perawatan tubuh ini telah dilakukan oleh suku-suku asli Amerika Utara ataupun praktisi Ayurveda di India, sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu.

Dalam stone therapy dapat dijumpai hot stone treatment, cold stone treatment ataupun kombinasi keduanya,

hot & cold stone treatment. Batuan yang digunakan dalam terapi ini adalah batuan hasil pembekuan magma atau batuan beku yang umum dikenal dengan sebutan "batu kali".
Batuan yang bersifat basaltik ini biasanya dipakai untuk jenis hot stone treatment, karena kemampuannya

menyimpan panas dalam waktu yang lama. Jenis batu ini juga digunakan oleh para pemilik restoran untuk menyajikan steak, agar panasnya tetap terjaga.

Batu yang dipanaskan hingga sedikit lebih panas di suhu tubuh ini, digunakan untuk menciptakan relaksasi jauh ke dalam jaringan tubuh. Sedang penggunaan batu yang dingin berfungsi untuk menstimulasi sirkulasi dalam tubuh. Dalam hal ini yang digunakan adalah batuan marmer yang memang dikenal sebagai penyimpan dingin.

Batu yang hangat atau dingin diaplikasikan langsung hanya pada bagian tertentu. Misalnya yang paling sering adalah area punggung, tangan dan wajah. Aplikasi batuan ini bisa berupa peletakan pada titik-titik tertentu pada ketiga area tadi, ataupun pemijatan titik tersebut menggunakan batuan. Titik-titik tersebut misalnya titik chakra manusia, titik refleksiologi atau titik akupuntur.

Setiap chakra merupakan pusat spiritual dan berputarnya energi tubuh baik yang positif dan negatif. Stone massage ini membantu mengembalikan keseimbangan energi positif dan negatif tersebut, terutama yang berputar di area chakra.

Manfaat Hot Stone Massage:

Mengurangi stress

Memperlancar peredaran darah

Mengembalikan vitalitas

Mengobati kejang otot

Memperlambat penuaan

Memberikan rasa Relaxasi

Membuat rasa nyaman dan bersemangat

1 komentar:

 
 
 
 
Home Tips Blogs deni.arsyah@gmail.com | BloggerLihat Profile Pemilik situs ini : My Facebook